Selasa, 19 April 2011

" KEBODOHAN "

Kate Orang bijak nih yee..."Kebodohan itu bagaikan kuburan" orang yang terlanjur masuk tidak akan pernah bisa keluar dan orang yang di luar pasti tidak ingin segera masuk. renungkan...!

Sobat yang baik, dalam agama Islam dikenal ayat Al-Qur'an yaitu surat Al-Alaq. Ayat pertama yang artinya " Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan" (QS.96.1).
Ayat ini sangat tepat jika kita renungkan bahwa manusia diciptakan untuk mempelajari sesuatu yang akan dilakukannya. Dengan demikian manusia yang di takdirka oleh Alloh sebagai pemimpin dimuka bumi (Kholifah fil ard) agar mengetahui dan memahami apa yang akan diperbuatnya.
Kita sebenarnya sudah memahami pentingnya sebuah pengetahuan (ilmu)
Secara umum dapat kita bagi dua , yaitu:
1. Ilmu Agama, yaitu adalah ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang tidak dapat dijangkau dengan akal(ketuhanan). Kalau dalam Negara Indonesia yang diakui ada 4 agama yaitu Islam, Kristen, Hindu dan Buda. Agama yang ada merupakan sebuah pilihan yang mungkin menjadi sebuah kebenaran bagi masyarakat. pertanyaannya adalah kenapa manusia mempunyai agama yang berbeda?... jawabannya karena ketuhanan itu tidak bisa dijangkau dengan akal sehingga dari penganutnya mengakui agamanya yang benar. Jika demikian kita sebagai manusia terpelajar tentunya mempunyai jalan dan pandangan yang berbeda. dalam Islam untuk menjangaku ketuhanan atau sesuatu yang tidak dapat dijangkau dengan akal maka untuk mengetahuinya harus melalui wahyu, karomah dan ilham (catatan hal ini hanya didapat oleh manusia yang benar-benar bersih dan suci).
Kesimpulan : Jika demikian sebenarnya manusia sudah mendapatka sebuah petunjuk untuk menggapai kebenaran, yaitu dengan mengikui sebuah Agama dengan melihat dan mempelajari asal usul dan sejarah yang membawa Agama tersebut.
2. Ilmu Umum, yaitu ilmu yang mempelajari tentang tentang sesuatu yang dapat dijangkau dengan akal (duniawi).Tentunya kita sudah dapat menebak ilmu apakah itu yaitu ilmu yang dipelajari sesuai dengan kemampuan dan bakatan masing-masing. Manusia boleh memilih dalam hal ini untuk memaksimalkan pengetahuannya karena kita tahu tidak ada manusia yang pandai dalam segala bidang, dengan demikian akan lebih bermanfaat sesuai dengan bidangnya.
Kesimpulan : Pelajarilah ilmu umum sesuai dengan kemampuan masing-masing, tetapi jangan abaikan pengetahuan yang lain untuk bekal menghadapi segala sesuatu yang pastinya akan terjadi dan dilewati.

Sobat terbaik, hidup kita mempunyai maksud dan tujuan sesuai dengan do'a yang selalu kita panjatkan " Robbana Atina fiddunya khasanah wafil akhiroti khasanah waqina adzabannar" yang maksudnya kita meminta kepadaNya kebaikan di dunia dan akhirat dan dijauhkan dari api neraka. Jika memang demikian maka kita harus dapat menyeimbangkan apa yang kita pelajari yaitu ilmu agama dan ilmu umum. Dengan membaca pasti kita tahu. Maha benar Alloh dengan segala firmanNya.

oleh Imam Zubaidi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar