Kamis, 30 November 2017

ANGKA 212

Copas

*ANGKA 212*

_Oleh KH. Anang Rikza Mashadi, MA_

Saya mencoba melakukan penelaahan pada ayat Al Qur’an mengenai angka 212. Maasyaa Allah, saya benar-benar ta’jub dengan arti dari ayat-ayatnya.

#212
QS : 2 : 12

Saya lakukan kepada Al Qur’an Al Hadi keluaran Pusat Kajian Hadis. Kurang lebih begini yang saya dapat:

#212
QS : 2 : 12

أَلَآ إِنَّهُمْ هُمُ ٱلْمُفْسِدُونَ وَلَٰكِن لَّا يَشْعُرُونَ

“Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.”

#212
Saya lanjutkan lagi dengan QS. 21:2

مَا يَأْتِيهِم مِّن ذِكْرٍ مِّن رَّبِّهِم مُّحْدَثٍ إِلَّا ٱسْتَمَعُوهُ وَهُمْ يَلْعَبُونَ

“Tidak datang kepada mereka suatu ayat Al Quran pun yang baru (di-turunkan) dari Tuhan mereka, melainkan mereka mendengarnya, sedang mereka bermain-main”

Makin terkejut saya dengan arti ayat tersebut. Penasaran berlanjut, ada dua surat dalam Al Qur’an yang mempunyai ayat 212.

QS. 2 : 212

زُيِّنَ لِلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَا وَيَسْخَرُونَ مِنَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ۘ وَٱلَّذِينَ ٱتَّقَوْا۟ فَوْقَهُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۗ وَٱللَّهُ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas.”

Lalu surat berikutnya ayat 212.

QS. 26 : 212

إِنَّهُمْ عَنِ ٱلسَّمْعِ لَمَعْزُولُونَ

“Sesungguhnya mereka benar-benar dijauhkan daripada mendengar Al Quran itu.”

Kalau dikaji dari ayat-ayat sebelum dan setelahnya (QS.26) malah makin mendekatkan dengan kondisi saat ini.

Kebetulankah? Wallahu a’lam. Yang jelas, makar Allah jelas lebih besar serta lebih hebat daripada makar manusia. Kita cuma diminta beribadah dan berusaha untuk menunjukkan disisi mana kita berada. ( DI/FT/am )

Candoel Al Ghozali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar