Selasa, 02 April 2019

Khilafah Wajib?

Ini dasar mereka tentang khilafah sy kopas dan saya pelajari, ternyata memang tidak ada perintah secara langsung untuk mendirikan khilafah. Jadi menurut saya tidak wajib karena yang wajib adalah menegakkan syariat Islamnya.
Silahkan dipelajari.

DALIL WAJIBNYA MENEGAKKAN KHILAFAH DARI ALQUR'AN

Bismillaahir Rohmaanir Rohiim

Kata siapa di dalam Alqur'an tidak ada ayat-ayat yang mewajibkan penegakkan Khilafah ? Kata kelompok liberal pengagung peradaban barat yang sekular.

Di bawah adalah dalil-dalil wajibnya menegakkan Khilafah menurut Imamul Mufassirîn Alqurthubi rh.

Apakah mereka menganggap Imam Qurthubi tidak paham dengan Alqur'an yang ayat-ayatnya menjadi dalil atas wajibnya menegakkan khilafah ? Tokoh-tokoh liberal lebih paham dari Alqurthubi. Sombong apa ngigau ?

Alqurthubi rh berkata :
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لا تَعْلَمُونَ
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah. Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” QS al-Baqaroh [2]: 30.

Alqurthubi berkata :
هذه الآية أصل في نصب إمام وخليفة يسمع له ويطاع ، لتجتمع به الكلمة ، وتنفذ به أحكام الخليفة. ولا خلاف في وجوب ذلك بين الأمة ولا بين الأئمة إلا ما روي عن الأصم حيث كان عن الشريعة أصم ، وكذلك كل من قال بقوله واتبعه على رأيه ومذهبه ، قال : إنها غير واجبة في الدين بل يسوغ ذلك ، وأن الأمة متى أقاموا حجهم وجهادهم ، وتناصفوا فيما بينهم ، وبذلوا الحق من أنفسهم ، وقسموا الغنائم والفيء والصدقات على أهلها ، وأقاموا الحدود على من وجبت عليه ، أجزأهم ذلك ، ولا يجب عليهم أن ينصبوا إماما يتولى ذلك
"Ayat ini adalah pangkal dalam mengangkat imam dan khalifah yang didengar dan ditaati, untuk menyatukan kalimat (perbedaan pendapat) dan menerapkan hukum-hukum khalifah (hukum islam yang dijalankan oleh khalifah seperti sistem pemerintahan, sistem ekonomi, sistem pergaulan, sistem pendidikan, sistem uqubat, termasuk sistem politik dalam dan luar negeri ). Dan tidak ada khilaf (perbedaan pendapat) terkait kewajiban itu diantara umat dan tidak pula diantara para imam. Kecuali riwayat dari ‘Ashamm dimana dia telah tuli dari syariat, begitu pula setiap orang yang berkata seperti perkataannya dan mengikuti pendapat dan madzhabnya. ‘Ashamm berkata: “Sesungguhnya khalifah itu tidak wajib dalam agama, tetapi hanya boleh. Dan bahwa umat, ketika mereka telah menegakkan haji dan jihadnya, berbuat adil diantara mereka, menyerahkan haq dari diri mereka, membagikan harta ghanimah, harta fai dan shadaqoh kepada yang berhak, dan menegakkan hudûd terhadap orang yang wajib dijatuhi hudûd, maka hal tersebut telah mencukupi mereka, dan mereka tidak wajib mengangkat imam yang mengatur semua itu".

Alqurthubi berkata :
ودليلنا قول الله تعالى : {إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأَرْضِ خَلِيفَةً} [البقرة : 30] ، وقوله تعالى : {يَا دَاوُدُ إِنَّا جَعَلْنَاكَ خَلِيفَةً فِي الأَرْضِ} [ص : 26] ، وقال : {وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الأَرْضِ} [النور : 55] أي يجعل منهم خلفاء ، إلى غير ذلك من الآي
"Dalil kami (Ahlussunnah Waljama’ah) ialah firman Alloh SWT.: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” (QS Albaqoroh : 30). Dan firman Alloh SWT.: “Hai Daud, Sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi,…”. (QS Shad : 26). Dan Alloh SWT berfirman : “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh- sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi,…”. (QS Annûr ayat 55). Yakni Alloh akan menjadikan dari mereka para khalifah. Dan ayat-ayat yang lain".

Alqurthubi berkata :
وأجمعت الصحابة على تقديم الصديق بعد اختلاف وقع بين المهاجرين والأنصار في سقيفة بني ساعدة في التعيين ، حتى قالت الأنصار : منا أمير ومنكم أمير ، فدفعهم أبو بكر وعمر والمهاجرون عن ذلك ، وقالوا لهم : إن العرب لا تدين إلا لهذا الحي من قريش ، ورووا لهم الخبر في ذلك ، فرجعوا وأطاعوا لقريش
"Dan sahabat telah ijmak (sepakat) mendahulukan Abu Bakar Shiddîq setelah terjadi perselisihan diantara sahabat Muhâjirîn dan Anshôr di saqifah Bani Saidah dalam pengangkatan khalifah. Sehingga sahabat Anshôr berkata: “Dari kami ada amîr (pemimpin) dan dari kalian ada amîr”. Lalu Abu Bakar, Umar dan sahabat Muhájirîn menolak hal itu dan berkata kepada Anshôr : “Sesungguhnya orang Arab itu tidak tunduk kecuali kepada perkampungan Quraisy ini”. Dan Muhâjirîn meriwayatkan khabar tentang keutamaan Quraisy itu kepada Anshôr. Lalu Anshôr rujuk dan taat kepada kaum Quraisy".

Alqurthubi berkata :
فلو كان فرض الإمام غير واجب لا في قريش ولا في غيرهم لما ساغت هذه المناظرة والمحاورة عليها ، ولقال قائل : إنها ليست بواجبة لا في قريش ولا في غيرهم ، فما لتنازعكم وجه ولا فائدة في أمر ليس بواجب. ثم إن الصديق رضي الله عنه لما حضرته الوفاة عهد إلى عمر في الإمامة ، ولم يقل له أحد هذا أمر غيرواجب علينا ولا عليك ، فدل على وجوبها وأنها ركن من أركان الدين الذي به قوام المسلمين ، والحمد لله رب العالمين. {تفسير القرطبي، العلامة المحدث أبو عبدالله محمد بن أحمد بن أبي بكر بن فرح الأنصاري الخزرجي الأندلسي ثم القرطبي رضي الله عنه، 1 / 264}
"Seandainya keperluan imam itu tidak wajib, tidak wajib pada Quraisy dan tidak wajib pada selain Quraisy, maka perdebatan dan perbincangan atasnya tentu tidak boleh terjadi. Dan pasti ada yang berkata; "Sesungguhnya imamah/ khilafah itu tidak wajib, tidak pada Quraisy dan tidak pula pada  selain Quraisy. Maka perselisihan kalian tidak punya tujuan dan tidak punya faidah pada perkara yang tidak wajib”. Kemudian Abu Bakar Shiddîq ra. ketika menjelang wafatnya menyuruh Umar menjadi imam. Dan tidak ada seorangpun berkata: “Perkara ini tidak wajib atas kami dan tidak wajib atas kamu”. Maka hal itu menunjukkan atas wajibnya imamah/ khilafah, dan bahwa imamah adalah rukun diantara rukun-rukun agama, yang dengannya kaum muslim dapat bangkit. Walhamdu lillahi rabbil ‘aalamiin”. (Tafsir al-Qurthubi, juz 1, hal. 264).

Kesimpulan:
1- Mengangkat khalifah / menegakkan khilafah adalah wajib.
2- Khalifah dan imam, juga khilafah dan imamah adalah sinonim (satu arti), karena al-Qurthubi sama-sama membicarakan keduanya untuk satu arti. Meskipun tidak menyebut kata khilafah, tapi sudah cukup dari penyebutan imam dan imamah, untuk menyimpulkan kata khalifah dan khilafah.
3- Yang tidak mewajibkan penegakkan imamah/ khalifah atau imam/ khilafah hanya kiai Ashamm (dari Muktazilah) dan kelompoknya.
4- Diantara dalil-dalil wajibnya menegakkan khalifah / khilafah adalah ayat-ayat al-Qur’an (Albaqoroh ayat 30, Shôd ayat 26, dan Annûr ayat 55). Ini adalah pukulan telak terhadap kelompok liberal yang membual bahwa di dalam al-Qur’an tidak ada ayat yang mewajibkan penegakkan khalifah / khilafah.

Wallohu A’lamu Bishshawâb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar